Home » » Akibat Kekeringan Warga Pademawu Berebut Air Bersih

Akibat Kekeringan Warga Pademawu Berebut Air Bersih

Written By Madura Aktual on Jumat, 26 September 2014 | 10.43

Madura Aktual, Pamekasan; Kemarau tahun ini berakibat terjadinya kekeringan disejumlah tempat di Madura, tidak terkecuali di Desa Majungan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan. Wrga setempat ramai-ramai menyerbu bantuan 1 tangki air bersih kapasitas 5000 liter yang dikirim Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan.

Dengan menjinjing ember, timba, jerigen dan beberapa wadah air lainnya, puluhan warga di desa ini berebut air yang dituang ke penampungan permanen. Kesulitan air bersih ini terjadi sejak awal Agustus lalu. Akibat kemarau sejumlah sumur warga kering dan warga harus berjalan sejuah empat kilometer untuk mendapatkan air bersih.

Dalam kondisi seperti ini, untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga setempat terpaksa harus merogoh koceknya membeli air 1000 sampai 2000 rupiah perjerigen. Sedang untuk kebutuhan mandi dan cuci, mereka memanfaatkan air laut

Banyaknya warga yang membutuhkan air bersih saat kemarau ini , membuat BPBD Pamekasan mensuplay air bersih hingga sepuluh tangki setiap hari untuk memenuhi kebutuhan warga. Bahkan puluhan desa lainhya di beberapa kecamatan di Pamekasan, mengalami hal yang sama mengalami kesulitan air bersih, seperti kecamatan Tlanakan, Batumarmar dan lainnya. (Mak/KM)
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura