Home » » Prihatin Terhadap Bahasa Madura

Prihatin Terhadap Bahasa Madura

Written By Madura Aktual on Sabtu, 13 September 2014 | 22.11

Kadarisman Sastrodiwiryo, sosok ini cukup poplurer dikalangan masyarakat. Tokoh yang satu ini memang sangat perhatian terhadap kebudayaan Madura., khususnya mengenai kebahasaan, bahasa Madura.

Pak Dadang, demikian kerap disebut namanya, selama hidupnya ia curahkan perhatiannya terhadap budaya Madura, yang menurutnya budaya etnik ini mengalami mengikisan nilai, sehingga dirasakan masyarakat Madura, hampir tidak mengenalnya.

Tentang makin surutnya masyarakat, khususnya generasi muda Madura menggunakan bahasa Madura, hal menjadi keprihatinn sendiri. Namun demikian, kata Mantan Bupati Pamekasan priode tahun 2008 – 2013 menyatakan, lembaga pendidikan pondok pesantren merupakan benteng pertahanan terkuat Bahasa Madura dari ancaman kepunahan.

"Di lembaga pendidikan pondok pesantren tradisi berbahasa Madura masih kuat. Dalam percakapan sehari-hari para kiai pengasuh pondok pesantren selalu menggunakan Bahasa Madura dengan para santrinya. Demikian pula antara santri dengan sesama santri," katanya

Di lembaga pendidikan lain, seperti pendidikan formal semisal SMP, SMA, dan SMK penggunaan bahasa Madura memang cendrung berkurang, kendatipun ada muatan lokal untuk pelajaran Bahasa Madura. Hanya saja, kata Kadarisman, penggunaan Bahasa Madura di lembaga pendidikan formal tidak seperti di lembaga pendidikan pondok pesantren.

Menurut Dadang, yang juga penulis buku "Parebhasan Ban Saloka Madhura , selama ini memang banyak kecenderungan warga Madura untuk meninggalkan bahasa ibunya. itu, hal itu terbukti dengan banyaknya keluarga Madura yang mengajari anak-anaknya dengan Bahasa Indonesia, sehingga meski tinggal di Madura banyak yang tidak mengerti akan Bahasa Madura.

"Kalau di pesantren kan seterusnya berbahasa Madura, dan hanya pada waktu tertentu saja yang menggunakan bahasa selain Madura. Makanya menurut hemat saya di pesantren itulah yang sebenarnya merupakan benteng terkuat pertahanan Bahasa Madura," katanya.

"Budaya Madura ini kan salah satu unsur dari budaya nasional. Jika satu saja unsur dari budaya nasional hilang, maka begitu juga dengan budaya nasional, dan budaya salah satunya adalah dari sisi bahasa," ungkapnya xxx
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura