Home » » Pramuka Sumenep, Gelar Karnaval Budaya 2014

Pramuka Sumenep, Gelar Karnaval Budaya 2014

Written By Madura Aktual on Minggu, 14 September 2014 | 04.55

Madura Aktual, Sumenep; Gerakan Pramuka Kwarcab Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar Karnaval Budaya 2014, memeperingan Hari Ulang Tahun Pramuka ke 53 dengan mengambil start didepan Masjid Agung Sumenep sampai berakhir di GOR A Yani Pangligur Sumenep, Minggu (14/09/2014).

Karnaval budaya yang diikuti sekitar 45 peserta dari berbagai Gugus Depan (Gudep) se kabupaten dari tingkat SD, SMP dan SMA dan yang sederajat berlangsung meriah, dan disaksikan ribuah pengunjung memadati sepanjang rute karnaval.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kamabicab Gerakan Pramuka Sumenep saat melepas peserta karnaval budaya menegaskan, gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan serta merupakan bagian dari pendidikan nasional, diharapkan mampu menumbuhkan semangat kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya luhur nenek moyang sendiri. 

“Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan serta merupakan bagian dari pendidikan nasional, diharapkan mampu menumbuhkan semangat kecintaan generasi muda terhadap warisan budaya luhur nenek moyang sendiri”, ujarnya.

Agenda tahunan Pramuka Sumenep ini, menurut Ketua Kwarcap Pramuka Sumenep, H. Achmad Shadik, mengemukakan, kegiatan ini merupakan tahun ke-2 setelah yang pertama kali dilaksanakan tahun 2013. “Ini merupakan salah satu bentuk partisipasi Pramuka Sumenep untuk menunjukkan kreasi dan imajinasi dalam menampilkan kekayaan budaya yang kita miliki,” ungkapnya. 

Selain itu, tambahnya, tujuan pawai atau karnaval budaya juga untuk memperkenalkan budaya Kabupaten Sumenep dan mempertahankan keasliannya. “Dan Pramuka bisa turut ambil bagian dalam menumbuhkan kepedulian generasi muda terhadap nilai-nilai budaya, khususnya di Sumenep”. 

Ketua Kwarcab Pramuka Sumenep, Achmad Shadik, yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep ini, mengatakan kegiatan Karnaval Budaya 2014 yang mengambil tema “Melalui Gerakan Pramuka, Kita Junjung Tinggi Budaya Bangsa” diharapkan dapat menciptakan Pramuka yang lebih kreatif dan inovatif. 

Peringatan ulang tahunnya kali ini, Pramuka Sumenep, juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan antara lain perkemahan ditingkat kwartir ranting maupun kwartir cabang, lomba jambore on the air, jambore on internet, serta kursus mahir lanjutan.

Penulis  : Irmawati
Editor   : syaf
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura