Home » » Kelompok Tani Datangi Komisi B DPRD

Kelompok Tani Datangi Komisi B DPRD

Written By Madura Aktual on Senin, 12 Januari 2015 | 20.24

Madura Aktual. Sumenep: Sejumlah Ketua Kelompok Tani (Poktan) se Kecamatan Batang-batang, Sumenep, Sumenep, Madura, Jawa Tiomur,mendatangi Komisi B DPRD setempat. Mereka mengeluhkan kelangkaan pupuk yang terjadi di wilayahnya.

Ketua Kelompok Tani Desa Batang-batang Daya, Kecamatan Batang-batang, Sutrisno mengatakan, kedatangannya ke dewan untuk meminta wakil rakyat ikut memikirkan nasib para petani yang mengalami kelangkaan pupuk bersubsidi jenis urea.

“Kami tidak menginginkan tanam padi ini gagal lagi seperti musim tanam jagung. Pupuk jenis urea sangat dibutuhkan oleh petani, tapi keberadaannya sulit didapat,”kata Sutrisno, Senin (12/01/2015).

Menurutnya, pada musim tanam jagung, para petani di Batang-batang sudah mengalami gagal panen, karena kekurangan pupuk. “Jangan sampai tanam padi kali ini juga ikut gagal panen,”terangnya.

Sutrisno menambahkan, sebenarnya kelangkaan pupuk bersubsidi itu terjadi di kios resmi. Sedangkan di toko-toko stoknya banyak dengan harga yang cukup mahal, yakni hampir Rp. 200 ribu per-zak.

“Yang kami herankan, kenapa di kios resmi pupuk urea langka. Sementara ditoko-toko umum justru barangnya banyak. Ini bukan hanya terjadi di satu Desa, tapi di semua Desa di Batang-batang tidak dapat pupuk bersubsidi,”tegasnya.

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi B DPRD Sumenep, Nurus Salam meminta Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Sumenep langsung menindak lanjuti keluhan petani itu.

“Kami mengundang Kepala Disperta dalam pertemuan dengan Ketua Kelompok Tani tadi, jadi mereka sudah menyampaikan sendiri kondisi riil dibawah,”ungkapnya. ( Nita, Esha )
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura