Home » » PWI Pamekasan Adakan Lomba Jurnalistik TMMD

PWI Pamekasan Adakan Lomba Jurnalistik TMMD

Written By Madura Aktual on Sabtu, 16 Mei 2015 | 23.09

Madura Aktual, Pamekasan; Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengajak para jurnalis ikut berpartisipasi mengikuti lomba jurnalistik tentang program TNI Manunggul Membangun Desa (TMMD) yang digelar oleh TNI AD.

Peran aktif jurnalis sangat dibutuhkan sebagai bukti nyata dan wujud pengabdian insan pers terhadap bangsa dan negara. Apalagi lomba karya jurnalistik TMMD ke-94 dimaksudkan untuk melestarikan agar nilai-nilai gotong royong tetap terjaga.

"Karena itu, perlu digaungkan melalui bentuk tulisan dan berita di berbagai media. Sebab TNI bekerja dengan langsung membantu masyarakat, sementara kita sebagai insan pers menyiarkan melalui media-media dimana kita bekerja," kata Abd Aziz, Ketua PWI Pamekasan, Minggu (17/05/2015).

Selain itu, pihaknya mengingatkan bila pers memiliki peran penting dalam mewujudkan dan melestarikan nilai budaya bangsa. Serta mempererat hubungan antar masyarakat dan memperkuat kesatuan dan persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pers merupakan pilar demokrasi, dan merupakan mitra pemerintah. Pers sehat yang berorientasi pada kemajuan dan nilai-nilai etika, akan mendorong terwujudkan tata kelola pemerintah yang sehat dan kuat pula," ungkapnya.

Dari itu, pihaknya berharap agar para pewarta bisa berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita itu. "Makanya kami mengajak kepada teman-teman wartawan agar bisa memanfaatkan kesempatan baik ini, untuk proaktif mengikuti lomba karya jurnalistik TMMD," harapnya.

"Saya kira ini juga bagian dari ikhtiar dalam menyampaikan kebaikan (amar makruf) bagi masyarakat luas," sambung pria yang juga menjadi pewarta LKBN Antara Jawa Timur itu.

Lebih lanjut dijelaskan, jumlah wartawan yang terdaftar dan mendaftarkan diri ke Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Pamekasan sekitar 80 orang lebih. Sehingga sangat memungkin bila sebagian di antara mereka berpartisipasi. "Jika satu wartawan mengikuti lomba berita satu saja, maka akan terkumpul sebanyak 80 berita atau tulisan," jelasnya.

Untuk diketahui, Lomba karya jurnalistik TMMD yang digelar oleh TNI AD dibagi dua tahap, sesuai dengan pelaksanaan kegiatan TMMD. Terhitung mulai awal April 2015, pada Rakornis TMMD ke-94 tahun 2015.

Penilaian lomba dimulai pada awal April sampai dengan bulan Juli 2015, dengan penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada September 2015. Tepatnya saat pelaksanaan Rakornis TMMD ke-95 TA 2015 oleh Kasad.

Tahap kedua, pembukaan lomba pada awal September 2015, pada Rakornis TMMD ke-95 tahun 2015. Sedangkan penilaian lomba dimulai pada awal September sampai dengan akhir November 2015, dengan penyerahan hadiah lomba dilaksanakan pada Desember 2015 saat pelaksanaan Rapat Paripurna TMMD ke 36 2015 oleh Panglima TNI/Kasad.

Untuk batas waktu pengiriman untuk tahap pertama, mulai pelaksanaan TMMD pada awal April 2015 hingga akhir Juli 2015. Tahap dua, mulai pelaksanaan TMMD pada September hingga akhir November 2015.

Ketentuan lomba meliputi hasil karya jurnalistik yang sudah dimuat di media massa baik televisi, cetak dan online (bukan blog pribadi). Dikirim melalui Kodim setempat atau dapat dikirim langsung ke koordinator lomba jurnalistik TMMD, dengan disertakan nama/alamat/media dan Nomor HP Peserta ke alamat Dispenad-Mabesad Jl. Veteran No. 5 Jakarta Pusat dengan no telp. (021) 3456838 (Staf Penum), email penum51@gmail.com, Fax (021) 3848300, dalam bentuk hard copy (DVD, kliping dan untuk online disertakan Link media yang memuat).

Sementara tema tulisan atau berita lomba karya jurnalistik TMMD itu, pertama 'Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Guna Memperkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat' dan kedua 'Membangkitkan Semangat Gotong Royong Guna Memperkokoh Kemanunggalan TNI Rakyat'. [brtjtm/*]
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura