Home » » Sampang Kota Ditetapkan Endemis DBD

Sampang Kota Ditetapkan Endemis DBD

Written By Madura Aktual on Rabu, 04 Februari 2015 | 07.07

Madura Aktual, Sampang; Penetapan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur sebagai daerah yang berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) Demam Berdarah Dengue (DBD), sejumlah kelurahan dan desa diwilayah Kecamatan Sampang Kota dikategorikan sebagai wilayah endemis DBD

Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Asrul Sani, menyebutkan dari 146 kasus DBD yang terjadi di Kabupaten Sampang paling dominan berasal dari wilayah Kota Sampang.

"Jadi ada 11 Desa/Kelurahan diperkotaan ini yang endemis DBD diantaranya Desa Kemuning, Tanggumung, Baruh, Gunung Maddeh, Kelurahan Gunung Sekar, Banyuanyar, Rongtengah, Delpenang, Polagan dan Karang Dalem," terangnya, Rabu (4/2/2015).

Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada terhadap demam berdarah terutama yang mempunyai anak , “Kami himbau agar selalu memantau kondisi kesehatan anggota keluarganya dengan membawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

"Ketika anak demam dan panas lalu suhu panasnya menurun drastis setelah tiga hari, maka perlu diwaspadai karena turunnya panas badan resikonya lebih besar terserang DBD, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat,"jelasnya.

Untuk mengehentikan penyebaran DBD, Dinkes Sampang akan bergerak melakukan fogging massal diwilayah endemis, serta membagikan 10 ribu bungkus bubuk abate secara gratis, yang berfungsi sebagai pembunuh jentik nyamuk. [el/beritajatim]
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura