Home » » Bangunan ‘Keraton Sumenep Mini’ di Lalangon

Bangunan ‘Keraton Sumenep Mini’ di Lalangon

Written By Madura Aktual on Sabtu, 30 Mei 2015 | 05.57

Madura Aktual, Sumenep; Sebuah bangunan mirip keraton Sumenep, berdiri kokoh di desa Lalangon kecamatan Manding. Hanya saja, ‘replika’ keraton tersebut memiliki luas yang lebih kecil ketimbang keraton yang dibangun oleh Panembahan Natakusuma I atau Panembahan Sumala Asiruddin, Raja Sumenep yang memerintah sejak tahun 1762 hingga 1811 Masehi.

“Bangunan ini juga dibuat atas perintah Panembahan Sumala,” kata H. Kurniadi Wijaya, pemilik bangunan keraton ini

Ceritanya dimulai pada abad 18 silam. Menurut H. Kurniadi, di sekitar tanah yang ditempati bangunan tersebut, dulu pernah bermukim seorang ulama besar di masanya, bernama Kiyai Baghdi.

Keberadaan Kiyai Baghdi terdengar oleh Panembahan Sumala, yang suatu saat mengunjunginya. Karena sering ke Lalangon, akhirnya Panembahan Sumala membangun tempat peristirahatan di dekat kediaman Kiyai Baghdi. Tempat peristirahatan tersebut berupa bangunan rumah atau dhalem yang mulai dari pintu agung, arsitektur hingga tata letak ruangan mirip dengan keraton Sumenep.

“Tak lama kemudian, bangunan tersebut oleh Panembahan Sumala dihibbahkan pada Kiyai Baghdi,” imbuh H. Kurniadi, yang merupakan keturunan langsung Kiyai Taposan.

Saat ini bangunan keraton mini tersebut di tempati oleh kakak H. Kurniadi, yang bernama Ahmad Mudzakkir. “Bisa sampean sendiri kan? Bangunan tersebut masih original semuanya. Yang baru hanya warna catnya saja,” kata H. Kurniadi sembari tersenyum. (farhan)

Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura