Home » » Banyuwangi Luncurkan Aplikasi "Banyuwangi ini You Hand" Untuk Wisatawan

Banyuwangi Luncurkan Aplikasi "Banyuwangi ini You Hand" Untuk Wisatawan

Written By Madura Aktual on Senin, 08 Juni 2015 | 18.17

(foto:cnn indonesia)
Madura Eks_Banyuwangi; Telkomsel bekerja sama dengan Pemkab Banyuwangi meluncurkan sebuah aplikasi yang memudahkan para wisatawan berkunjung ke sana, Banyuwangi in Your Hand.

"Sebagai bagian untuk mewujudkan konsep smart kampung, kami meluncurkan aplikasi pariwisata berbasis Android," Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, seperti dilansir CNN,Senin (08/06/2015)

Aplikasi Banyuwangi in Your Hand sejatinya adalah turunan dari aplikasi sejenis yakni Indonesia in Your Hand, pengembangnya sama dan mereka mengaku diminta secara khusus untuk membuat aplikasi untuk kota di ujung Timur pulau Jawa itu.

Isi dari aplikasi Banyuwangi in Your Hand tak lain adalah informasi soal pariwisata, hotel, kuliner, jadwal kegiatan, pelayanan masyarakat dan berbagai hal lain. Aplikasi ini juga mendukung fungsi augmented reality saat pengguna membidik objek tertentu dengan kamera.   

"Ini adalah persembahan kami untuk Indonesia dan Banyuwangi khususnya dalam kontribusi memajukan bangsa. Melalui aplikasi ini seluruh dunia bisa melihat Banyuwangi hanya dengan sentuhan mudah di dalam genggaman," ujar Sukardi Silalahi, Direktur Network Telkomsel dalam kesempatan yang sama.

Telkomsel mengaku tak menemui banyak kesulitan saat membuat aplikasi Banyuwangi in Your Hand, ini karena memang peranti tersebut tidak dibuat dari awal, hanya mengambil sedikit bagian Indonesia in Your Hand.

"Yang sulit itu melengkapi database, karena harus dimasukan secara manual. Total kami mengerjakannya sekitar dua minggu," kata Yudi C. Anwar, General Manager Marketing Intelligence Telkomsel, pria yang terlibat langsung pada pembuatan aplikasi tersebut.

Banyuwangi in Your Hand sementara ini baru tersedia untuk ponsel Android. Versi iOS memang sudah ada, namun belum sempat muncul pada toko aplikasi Apple. Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis.

"Aplikasi ini memang untuk CSR, tapi tak tertutup kemungkinan untuk dimonetize bila bekerja sama dengan merchant dan Pemkab," tutup Yudi, saat ditemui CNN Indonesia beberapa waktu lalu.(cnn /eks)
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura