Home » » Sering Teror Warga, Tiga Ular Piton Ditangkap

Sering Teror Warga, Tiga Ular Piton Ditangkap

Written By Madura Aktual on Sabtu, 27 Juni 2015 | 04.04

Madura Eks_Tuban; Tiga ekor ular berukuran besar jenis Piton dengan ukuran sekitar 4 meter yang kerap meneror warga Dusun Mawot, Desa Sugiharjo, Kecamatan Kota, Kabupaten Tuban’ Jawa Timur berhasil ditangkap oleh warga setempat, Sabtu (27/06/2015).

Ular yang diperkirakan telah berusian puluhan tahun itu memiliki sudah lama menjadi buruan warga, karena sering keluar dari sarangnya dan memangsa hewan ternak milik warga desa setempat.

Sejumlah warga bersama dengan Busro Ilham (40), pawang ular  melakukan perburuan dan berhasil menangkap ular tersebut pada Kamis malam kemarin setelah warga semakin resah lantaran ular itu sering muncul.

"Awalnya saya kan sering bermian di daerah situ, mendengar cerita bahwa ada ular besar. Kemudian kemarin malam Jumat kita langsung melakukan pencarian," terang Busro Ilham, yang juga pecinta berbagai macam hewan itu.

Tiga ular Piton berukuran besar tersebut berhasil ditangkap dari sungai yang berada sekitar pemukiman warga Dusun Mawot, Desa Sugiharjo, Kecamatan Kota Tuban itu. Tiga ular itu satu merupakan ular Piton jantan dan dua lainnya betina.

"Ular ini yang ada mahkota di kepalanya sering muncul dan dengan cepat menghilang. Jadi warga yang mengetahui sempat mengira kalau ular itu ular jadi-jadian," lanjut pria bertubuh kekar yang kerap dipanggil Abah Irul itu.

Saat itu tiga ular Piton tersebut dirawat di rumah Abah Irul yang berada di Desa Sendanghaji, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mulut dari ular tersebut terpaksa dijahit supaya tidak membahayakan bagi warga yang melihat.

"Kalau mulutnya sudah dibuka, satu ekor kambing pasti ditelan, karena ini memang ularnya besar. Ini ya mau kita pelihara saja, supaya bisa jadi tontonan warga," lanjutnya.

Dua ular Piton Betina yang berhasil ditangkap tersebut diduga sudah banyak bertelur di sarangnya dan sudah menetas. Pasalnya menurut warga banyak ular-ular kecil yang sering terlihat di kawasan rawa-rawa yang diduga merupakan anak dari ular Piton itu. (beritajatim/san)
Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura