Home » » Tembakau Pamekasan Tahun ini Dipatok Rp. 30.300, per-kg

Tembakau Pamekasan Tahun ini Dipatok Rp. 30.300, per-kg

Written By Madura Aktual on Rabu, 25 Maret 2015 | 20.24

Madura Aktual. Pamekasan; Meski tembakau tidak termasuk komoditas tata niaga, harga tembakau pabrikan di Pamekasan, Jawa Timur tahun dipatok Rp. 30.300,- perkilo gram

Hal ini dikatakan Ketua Komisi II DPRD Pamekasan, Hosnan Ahmadi, setelah melakukan penawaran dengan mendatangi beberapa pabrik rokok di Jawa Tengah dan Jawa Timur beberapa waktu lalu bersama bupati setempat.

Menurutnya patokan harga yang harus diambil oleh pihak pabrik sesuai dengan biaya produksi yang dikeluarkan petani.

“Tahun lalu dipatok harga Rp29.600 perkilogram. Untuk tahun ini Rp30.300 perkilogram. Jadi ada kenaikan dan kita hanya menyampaikan berdasarkan biaya produksi,” ungkapnya, Kamis (26/03/2015).

Yang dimaksud biaya produksi, tambah Hosnan, meliputi pembelian bibit, sewa lahan, pupuk, obat-obatan, air, tenaga kerja dan proses perajangan. Jika pabrikan membeli dengan harga dimaksud, dipastikan petani tidak akan merugi.

“Kalau persoalan ekonomi ini, semuanya tergantung pada mekanisme pasar. Kita menyampaikan ini sebagai parameter bahwa petani telah mengeluarkan biaya sebesar itu,” ungkapnya pada awak media.

Pihaknya berharap, pabrikan dapat membeli sesuai dengan patokan harga itu, supaya petani tidak mengalami kerugian lagi sebagaimana yang dialami tahun-tahun sebelumnya. (zamzami)

Jurnalisme Warga

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.
lontarmadura babad madura